Manfaat Teh Kombucha Minuman Fermentasi Yang Bisa Di Olah Sendiri

Manfaat Teh Kombucha Minuman Fermentasi Yang Bisa Di Olah Sendiri

Manfaat Teh Kombucha Minuman Fermentasi Yang Bisa Di Olah Sendiri

Manfaat Teh Kombucha Minuman Fermentasi Yang Bisa Di Olah Sendiri – minuman satu ini merupakan salah satu minuman sehat yang mampu membunuh bakteri yang mengundang penyakit.

Teh kombucha di dapat dari proses fermentasi, di mana teh, ragi, dan gula di campurkan kemudian difermentasi selama satu minggu atau lebih. Selama proses fermentasi, teh akan menghasilkan zat asam, bakteri, dan sedikit alkohol. Kombinasi itu yang membuat teh kombucha memiliki rasa yang unik, yaitu terasa tajam, asam, serta memiliki aroma seperti cuka.

Kombucha telah di konsumsi sejak lama oleh manusia katanya, teh ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Terlihat seperti teh biasa, namun kombucha memiliki manfaat yang lebih banyak. Kamu bisa membuat ini dengan mudah di rumah. Rasanya pun juga normal dan mudah di konsumsi oleh siapapun. Berikut 5 manfaat teh kombucha yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Teh Kombucha Minuman Fermentasi Yang Bisa Di Olah Sendiri

1. Menghasilkan Probiotik Yang Baik

Di buat dengan menambahkan bakteri, fungsi ini bisa di terima dari bakteri itu sendiri yang memiliki probiotik. Manfaat dari probiotik ini adalah memberi usus bakteri sehat yang bisa berdampak bagi kesehatan dalam banyak hal, termasuk pencernaan.

2. Mengandung Antioksidan

Adanya kandungan antioksidan dalam kombucha memberikan efek untuk mengurangi toksisitas hati. Zat dari antioksidan juga berguna untuk melawan molekul reaktif atau radikal bebas yang bisa merusak sel pada tubuh.

3. Dapat Menurunkan Diabetes

Diabetes di akibatkan oleh tubuh yang memiliki kadar gula darah tinggi. Namun dengan kombucha, saat mengonsumsi karbohidrat dengan lebih lambat, kadar gula darah akan menurun. Kombucha yang di buat dengan teh hijau juga akan lebih bermanfaat karena teh hijau sendiri sudah punya manfaat menurunkan kadar gula darah.

4. Memiliki Sifat Antibakteri Yang Kuat

Asam astefat adalah zat yang di hasilkan kombucha saat di lakukan fermentasi. Zat ini mampu membunuh bakteri yang berbahaya, seperti bakteri penyebab infeksi atau jamur. Probiotik tidak akan terpengaruhi karena efek antibakteri yang berguna pada bakteri yang tidak baik.

5. Mencegah Kanker

Kombucha membantu pencegahan penyebaran sel kanker karena adanya polifenol teh dan antioksidan yang tinggi. Hal ini bisa dilihat bahwa peminum teh hijau biasanya jarang ada perkembangan penyakit kanker.

6. Pencernaan Lebih SehatĀ 

Salah satu manfaat dari rutin mengonsumsi teh kombucha adalah sistem pencernaan yang lebih sehat. Pasalnya, teh ini memiliki banyak kandungan probiotik yang baik untuk sistem pencernaan secara keseluruhan.