Makanan Rendah Kalori Cocok Untuk Melakukan Diet

Makanan Rendah Kalori Cocok Untuk Melakukan Diet

Makanan Rendah Kalori Cocok Untuk Melakukan Diet – Permasalahan berat badan yang tetap bertambah seringkali membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Bukan cuma karena terjadinya perubahan dari segi fisik, namun juga dari segi kesehatan. Menurut definisi dari Wikipedia, “kegemukan atau obesitas merupakan keadaan tubuh miliki lemak yang berlebih, agar berat badan tetap bertambah melebihi standar dan mampu berbahaya bagi kebugaran dikemudian hari”.

Diet menjadi keliru satu cara digunakan untuk menurunkan berat badan turun. Hal yang mesti diperhatikan kecuali idamkan mengurangi berat badan adalah mengurangi kalori makanan.

Ketika diet, seseorang mesti memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsinya. Tak jarang, diet yang dijalankan tidak maksimal bukan karena dia tidak mengurangi asupan makannya, namun karena mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi. Jadi, kendati porsi makannya sedikit, belum tentu berat badan seseorang dapat turun. Karena itu, mesti dibantu bersama laksanakan olahraga.

Berikut inilah makanan yang rendah kalori cocok untuk melakukan diet :

1. Kentang

Selain tinggi karbohidrat, kentang juga kaya akan natrium, kalium, protein, vitamin A, vitamin C, Vitamin B6, zat besi, kalium dan juga magnesium. Dalam 100 gram kentang terkandung 76,7 kcal. Oleh karena itu, kentang yang diminati orang yang sedang diet karena termasuk makanan rendah kalori, tetapi tetap mengenyangkan jika dimakan.

Namun, kentang yang rendah kalori ini hanya ketika dipanggang atau direbus. Kentang goreng dan keripik kentang justru tidak menyehatkan karena mengandung lemak yang tinggi. Jadi ingat, bukan asal kentang yang cocok untuk diet, tetapi kentang rebus atau panggang.

2. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya rendah kalori, tetapi juga kaya akan protein dan serat. Dalam 100 gram Oatmeal terkandung 67,6 kcal. Di mana dengan jumlah lemak jenuh 1,4 gram, natrium 49 mg, kalium 61 mg. Lalu, oatmeal juga diperkaya akan vitamin A, Kalsium, zat besi, vitamin B6, dan juga magnesium. Oatmeal sangat cocok dikonsumsi sebagai bubur atau sereal saat sarapan pagi untuk menu diet Realfoodfam.

3. Telur

Dalam 100 gram telur (baik telur ayam, bebek, angsa) terkandung total kalori 155,1 kcal. Nah, untuk variasi jumlah kalori pada menu telur lainnya bisa dilihat di bawah ini.

  • Telur puyuh 158,5 kcal
  • Telur rebus 155,1 kcal
  • Putih telur mengandung 51,6 kcal
  • Untuk jumlah kalori paling tinggi ada pada kuning telur yang mencapai 321,7 kcal.

Berdasarkan riset dari Healthline.com, mengonsumsi telur goreng dikhawatirkan dapat meningkatkan kadar lemak jahat akibat minyak yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu disarankan mengonsumsi telur rebus karena lebih menyehatkan.

4. Dada Ayam

Dada ayam adalah daging tanpa lemak yang rendah kalori, tetapi kaya akan protein. Setiap 100 gram potong dada ayam mengandung jumlah kalori 164,9 kcal. Mengandung 86 mg kolesterol, 74 mg natrium, 256 mg kalium, 31 g protein, dan kaya akan vitamin A, kalsium, vitamin D, vitamin B12, zat besi, vitamin B6, dan magnesium.

5. Daging Ikan

Daging ikan merupakan salah satu sumber protein terbesar, terutama untuk ikan kod, ikan patin, ikan salmon, ikan kembung, dan ikan tuna. Sebagai contoh per 100 gram ikan kod mengandung 82 kcal dan 18 gram protein. Sedangkan, dalam 100 gram ikan tuna terkandung 131,9 kcal dan 28 gram protein. Lalu, untuk jenis ikan salmon mengandung 208,2 kcal dan 20 gram protein. Untuk memasaknya, ikan tuna lebih baik direbus, dipepes, atau dipanggang agar tidak mengandung lemak jahat.