Inilah Deretan Makanan Khas Suku Bugis yang Memanjakan Lidah

Inilah Deretan Makanan Khas Suku Bugis yang Memanjakan Lidah

Inilah Deretan Makanan Khas Suku Bugis yang Memanjakan Lidah – Indonesia memang terkenal akan keberagaman budaya dan suku.

Di indonesia banyak sekali ciri khas dari setiap daerah nya masing – masing mulai dari rumah adat, ritual agama hingga makanan.

Kali ini ada makanan khas suku dari indonesia yang memanjakan lidah. Berikut inilah makanan khas suku bugis yang memanjakan lidah.

1. Coto Makasar Bugis

Kuliner dari Makasar yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Makasar adalah Coto Makasar. Coto Makasar memiliki nama lain Coto Mangkasara yang merupakan makanan asli dari Suku Bugis Makasar serta sudah dikenal di beberapa kota besar lainnya.

Coto Makasar merupakan jenis makanan berkuah yang didalamnya terdapat campuran jeroan. Sebelum dihidangkan jeroan sapi terlebih dahulu terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu yang secara khusus sudah diracik. Coto Makasar ini akan disajikan dengan ketupat serta burasa.

2. Pallu Basa Makanan Khas Bugis

Masih dengan olahan sapi, makanan dari Makasar yang kedua ini menggunakan jeroan dari sapi serta kerbau. Secara sekilas Pallubasa ini memiliki seperti Coto Makassar tetapi ketika dinikmati keduanya ternyata berbeda.

Yang membedakan antara keduanya terletak pada proses memasak daging serta cara menyajikannya.

Jika Coto Makasar disajikan dengan menggunakan burasa, berbeda dengan Pallu basa yang disajikan dengan menggunakan nasi putih. Makanan satu ini menjadi salah makanan wajib yang harus dicicipi ketika berkunjung ke Makasar.

3. Konro

Konro merupakan hidangan dengan menggunakan iga sapi sebagai bahan dasarnya. Daging sapi tersebut kemudian muncul bersamaan dengan asam jawa, kayu manis serta beberapa jenis bahan lainnya.

Selain itu juga ditambahkan beberapa tumisan seperti pala, merica, kacang merah dan beberapa bahan lainnya yang dalam rebusan iga sapi. Konro menghasilkan warna glep yang terbuat dari buah kluwak yang memang memiliki warna hitam.

4. Pallu Kacci

Masih dengan nama pallu, dalam Bahasa Indonesia Pallu memiliki makna masak atau masakan sedangkan kacci berarti asam. Dengan ini maka bisa dikatakan jika pallu kaci ini memiliki artian makanan dengan cita rasa asam. Sajian nikmat dari Makasar ini adalah jenis makanan berkuah seperti sup dan memiliki warna kuah berwarna kuning.

Pallu kacci ini merupakan jenis olahan dengan menggunakan bahan dasar ikan.

Orang Makassar biasanya menggunakan ikan bolu atau di daerah lain yang lebih umum dengan sebutan ikan bandeng. Selain ikan bandeng, ikan cakalang dan tuna juga merupakan ikan yang biasa dipilih untuk memasak makanan khas yang satu ini.