Deretan Makanan Tradisional Indonesia yang Jarang Di Temukan

Deretan Makanan Tradisional Indonesia yang Jarang Di Temukan

Deretan Makanan Tradisional Indonesia yang Jarang Di Temukan – Sudah jadi rahasia umum kalau Indonesia mempunyai banyak ragam kuliner yang mampu dicoba. Mulai berasal dari kuliner tradisional, moderen sampai kuliner ekstrem.

Namun ada beberapa makanan tradisional khas daerah indonesia yang sudah jarang sekali di temukan di tempat umum.

Berikut inilah beberapa makanan tradisional indonesia yang sudah jarang di temukan di tempat umum.

1. Dodol Meuseukat

Pertama ada dodol meuseukat sebagai makanan tradisional Indonesia yang jarang ditemukan. Makanan yang berasal dari Aceh ini memiliki tekstur yang lembut serta cita rasa yang manis.

Maka dari itu, makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan penutup atau yang dikenal dengan dessert.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat dodol meuseukat, di antaranya terdiri dari air, gula, tepung terigu, perasan air jeruk, perasan air nanas dan mentega.

2. Semanggi Surabaya

Makanan tradisional Indonesia yang jarang ditemukan berikutnya adalah semanggi Surabaya. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini tentu berasal dari Surabaya.

Memiliki bentuk yang serupa dengan pecel, semanggi Surabaya menggunakan rebusan daun semanggi dan juga kecambah sebagai bahan utamanya.

Tidak hanya itu, makanan ini juga disajikan dengan saus pendamping yang memiliki tekstur kental dan berwarna coklat tua.

Jika dilihat dari penampilannya, saus ini terbuat dari bahan dasar terasi, ubi jalar, kacang tanah, petis udang, dan juga cabai.

3. Gula Puan

Makanan tradisional Indonesia yang dahulunya menjadi makanan para raja ini, memiliki cita rasa yang manis. Biasanya, makanan ini disantap dengan roti tawar.

Caranya, yaitu dengan mengoleskan gula puan atau gula susu ini, ke bagian atas roti. Tetapi, gula puan juga sangat lezat apabila disantap begitu saja tanpa makanan pendamping.

Meski makanan tradisional Indonesia ini hanya bisa ditemukan di Palembang, namun kini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah jika menginginkannya.

4. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul merupakan nasi yang terbuat dari bahan dasar tepung singkong. Biasanya, makanan tradisional Indonesia yang satu ini disajikan dengan taburan kelapa dan gula.

Namun nasi tiwul yang satu ini berbeda, karena disantap dengan sayur dan lauk layaknya makan nasi putih.

Nasi tiwul juga sebenarnya memiliki warna coklat, tetapi karena dihidangkan dengan sayur dan lauk, maka nasi ini dicampur dengan sedikit nasi putih agar tidak lengket.

Dalam mengkonsumsi makanan ini, warga setempat biasanya menambahkan beberapa menu tambahan, seperti misalnya sambal bawang.