Deretan Makanan Khas Jawa Timur yang Nikmat dan Lezat

Deretan Makanan Khas Jawa Timur yang Nikmat dan Lezat

Deretan Makanan Khas Jawa Timur yang Nikmat dan Lezat – Jawa Timur terdiri dari berbagai daerah yang memiliki hidangan khusus masing-masing. Masakan khas Java biasanya ditampilkan lezat, asin, sedikit pedas dan kaya rempah-rempah. Tetapi beberapa camilan tradisional manis juga ada, seperti Mongo dan Madu Petulo.

Saat ini, spesialisasi Jawa mudah ditemukan di mana saja. Tidak perlu pergi jauh untuk mengunjungi semua negara asal untuk melakukannya. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung di mana dan jenis masakan apa yang diinginkan.

Berikut inilah makanan khas jawa timur yang lezat dan nikmat untuk di coba.

1. Rawon

Dimulai dari makanan tradisional khas Jawa Timur yang paling terkenal, yaitu Rawon. Makanan ini identik dengan kuah hitamnya. Warna hitam pada rawon tersebut tidak lain berasal dari bumbu khas yaitu kluwek. Rasa rawon sangat ramah bagi Anda yang tidak suka pedas. Makanan tradisional khas Jawa Timur ini akan semakin nikmat disantap dengan nasi putih, kerupuk, serta lauk pelengkap seperti telur asin.

2. Lontong Kupang

Makanan tradisional khas Jawa Timur berikutnya adalah lontong kupang. Lontong Kupang mudah ditemukan di Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Makanan ini terbuat dari kupang putih, yaitu sejenis hewan laut seperti kerang. Kupang putih tersebut dimasak dengan berbagai bumbu-bumbu yang sangat menggugah selera.

3. Rujak Cingur

Makanan ini berasal dari kota Surabaya. Cingur sebenarnya merupakan daging pada mulut sapi yang direbus, lalu dicampur dengan irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran, bumbu kacang serta petis. Mungkin awalnya Anda merasa jijik, namun jangan salah, makanan tradisional khas Jawa Timur ini sangat nikmat dan bikin ketagihan.

4. Pecel Madiun

Makanan tradisional khas Jawa Timur ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang direbus dan diberi bumbu sambel kacang. Jenis sayuran yang ada di dalamnya antara lain kacang panjang, tauge, mentimun, serta daun singkong. Juga tidak ketinggalan, salah satu pelengkap dalam makanan ini adalah peyek kacang.

5. Soto Lamongan

Makanan ini secara tampilan hampir sama dengan soto pada umumnya. Namun, ada satu bahan yang sangat khas di soto ini, yaitu koya. Koya adalah jenis bubuk gurih yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang.