5 Nasi Campur Berbagai Negara Yang Tidak Boleh Di Lewatkan

5 Nasi Campur Berbagai Negara Yang Tidak Boleh Di Lewatkan

5 Nasi Campur Berbagai Negara Yang Tidak Boleh Di Lewatkan

5 Nasi Campur Berbagai Negara Yang Tidak Boleh Di Lewatkan – Di Indonesia, nasi campur merupakan sebutan bagi aneka makanan yang terdiri dari nasi putih dengan dikelilingi oleh banyak lauk dalam satu wadah sehingga rasa sajian menjadi kian variatif dan menarik.

Di berbagai wilayah di belahan dunia ini, ternyata ada juga nasi campur khas yang populer dan di kenal memiliki rasa yang membuatmu tertarik untuk mencoba. Mari kita langsung simak saja ragam nasi campur yang tidak boleh di lewatkan ini.

5 Nasi Campur Berbagai Negara Yang Tidak Boleh Di Lewatkan

1. Takikomi Gohan

Nasi campur pertama datang dari wilayah Negeri Sakura bernama takikomi gohan atau di sebut pula sebagai Japanese mixed rice. Makanan ini sangat lekat dengan pemakaian soy sauce serta dashi atau kaldu khas Jepang yang kerap hadir dalam beragam makanan.

Terdapat banyak sekali komponen tambahan yang di gunakan dalam mengolah takikomi gohan ini, di antaranya adalah wortel, daging-dagingan, konnyaku, rumput laut, jamur, seafood, sampai kacang-kacangan untuk menambah tekstur.

2. Nasi campur Bali

Nasi campur yang satu ini cukup fenomenal di Tanah Air, bahkan kerap menjadi buruan ketika seseorang tengah plesiran ke Pulau Dewata dan di tandai dengan beragam isian menggugah selera yang membuatmu ingin selalu kembali untuk mencicipinya.

Dalam satu sajian nasi campur Bali, kamu tidak cuma menemukan nasi putih dan satu lauk, melainkan beberapa makanan enak dan khas dari wilayah tersebut pun tersedia, seperti sate lilit, sambal matah, ayam betutu, lawar, hingga telur.

3. Bibimbap

Bibimbap merupakan olahan nasi campur yang datang dari Korea Selatan. Perpaduan antara lauk yang di simpan di atas nasi memiliki warna-warna menarik sehingga bisa membuat kamu yang tengah belajar makan sayur tertarik untuk mencicipi makanan tersebut.

Dalam semangkuk bibimbap, kamu akan menemukan banyak sekali perpaduan lauk dari daging, sayur, dan sumber protein lain. Komponen tersebut di antaranya adalah daging sapi, zukini, wortel, timun, kecambah, hingga tambahan telur mata sapi.

4. Pulao

Pulao adalah sajian berupa nasi campur yang banyak dikonsumsi pada wilayah Asia, khususnya India, dan Timur Tengah dengan ciri penggunaan beras basmati serta rempah-rempah yang cukup variatif seperti garam masala dalam satu kali olahan.

Isian dari pulao biasanya agak berbeda dari satu wilayah dengan tempat lain. Akan tetapi biasanya dalam semangkuk pulao, kamu akan menemukan potongan wortel, kacang polong, tambahan kentang, serta kacang mete.

Namun, adapula yang memasukan daging-dagingan supaya olahan nasi campur dengan beras berukuran panjang ini makin nikmat, dan tentunya daun mint untuk memberi sensasi berbeda terhadap masakan.

5. Paella

Paella merupakan makanan klasik dari tanah Spanyol, tepatnya di Valencia. Makanan ini berupa nasi berbumbu yang di campur bersama dengan aneka seafood yang menggugah selera. Beberapa komponen yang cukup mencolok pada hidangan ini terletak pada pemakaian saffron, yakni bumbu rempah yang diketahui memiliki harga cukup mahal.

Sementara itu, untuk makanan laut yang di gunakan pada sajian tersebut bisa bermacam-macam sehingga mampu memenuhi kuali, seperti kerang, udang, lobster, dan aneka tangkapan laut lainnya yang tidak kalah sedap.