5 Kuliner Khas Kepulauan Anambas Yang Wajib Kamau Cicipi

5 Kuliner Khas Kepulauan Anambas Yang Wajib Kamau Cicipi

5 Kuliner Khas Kepulauan Anambas Yang Wajib Kamau Cicipi – Kepulauan Anambas adalah salah satu kabupaten di provinsi Kepulauan Riau yang pusat pemerintahannya terletak di Tarempa.

Terletak di bagian utara Pulau Siantan yang berbatasan langsung dengan Laut Natuna Utara, kabupaten ini memiliki pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Tak heran jika tempat ini begitu di sukai oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Selain indah nya pemandangan yang di miliki Kepulauan Anambas memiliki beberpa kuliner khas yang enak dan istimewa.

Penasaran kuliner apa saja yang bisa kamu santap saat berkunjung ke sana, mari kita simak saja langsung berikut ini.

5 Kuliner Khas Kepulauan Anambas Yang Wajib Kamau Cicipi

1. Luti Gendang

Luti gendang memiliki bentuk bulat dan lonjong dengan abon ikan sebagai isiannya. Cita rasanya gurih dan sedikit manis. Luting gendang kerap di jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat luting gendang terdiri dari tepung terigu, ragi, telur, gula pasir, butter, garam, santan, ikan tongkol, bawang merah, bawang putih, dan cabai.

2. Kwetiau Sagu

Dalam seporsi kwetiau sagu khas Kepulauan Anambas ini terdiri dari mie sagu, tauge, daun bawang, telur, dan bahan-bahan lain yang bisa di sesuaikan dengan selera kamu. Selanjutnya kwetiau sagu tersebut di siram dengan kuah yang berisi potongan ikan tuna.

Cita rasanya gurih dan nikmat dengan tekstur mie yang kenyal. Kwetiau sagu cocok di santap sebagai menu makan siang.

3. Mie Tarempa

Penamaan hidangan yang menjadi ikon dari Kepulauan Anambas ini di sesuaikan dengan nama daerah asalnya yaitu Tarempa. Keunikannya terletak pada suwiran ikan tongkol yang di jadikan sebagai topping-nya.

Dapat di sajikan secara kering, lembap, dan basah, mie tarempa memiliki cita rasa gurih karena penggunaan bumbu rempah-rempah yang berkualitas. Tekstur mie kuning yang di gunakan juga lembut dan kenyal. Masyarakat setempat kerap menjadikan hidangan ini sebagai menu untuk sarapan.

4. Martabak Prata

Konon katanya kuliner khas yang satu ini di bawa oleh masyarakat Padang yang merantau ke Kepulauan Anambas. Secara tampilan, martabak prata memang sama dengan martabak mesir. Bedanya martabak prata tidak menggunakan acar sebagai pelengkapnya, tapi menggunakan kuah kari kambing.

Cita rasanya gurih, sedap, dan lezat. Agar lebih nikmat, martabak prata sebaiknya di santap saat masih panas.

5. Nasi Dagang

Nasi dagang yang cita rasanya di sebut-sebut mirip dengan nasi lemak khas Malaysia ini berisi nasi, telur, dan tongkol kuah pedas. Cocok juga di sajikan sebagai menu sarapan. Sebagai pelengkap, kamu juga bisa menambahkan gorengan atau risol.